[ARTICLE] Pertanyaan seputar Aerial Video dan Foto udara dengan Helicam - BAHASA

 R/C Helicopter for Aerial Photography and Video
Helicam 600 class

TENTANG HELICAM ITU SENDIRI

Q: Apa bedanya pengambilan gambar maupun video udara dengan helicopter nyata dengan helicopter Remote Kontrol ?
A: Keduanya memiliki keunggulan dan kekurangan masing masing. Helicopter nyata bisa terbang dengan sangat jauh dengan kecepatan tinggi. Tetapi dia tidak bisa terbang rendah mendekati objek karena akan sangat berbahaya. Sementara RC Helicopter bisa terbang sangat rendah dan dekat dengan objek. Selain itu pengambilan gambar dengan Remote Control Helicam jauh lebih murah biaya operasinya bila dibanding dengan helicopter nyata. 

Q: Apa bedanya Multicopter dengan 3 baling baling (tricopter), 4 baling-baling (Quadcopter), 6 Baling baling (Hexacopter), dan 8 Baling-baling (Octocopter), juga Helicopter (Single Blade) ?
A: Dalam hal ini, Multicopter memiliki keunggulan dalam hal kemudahan untuk dikendalikan, kemudahan perawatan, dan investasi yg lebih murah. Kekurangan daripada multirotor ini adalah lebih tidak tahan terhadap angin ketimbang helicopter dengan single blade. Helicopter R/C sendiri memiliki keunggulan dalam hal power yang sanggup membawa kamera berat sekalipun, kendali dan perawatannya pun jauh lebih rumit, tetapi kelincahan terbangnya benar-benar tak tertandingi.

Q: Apakah helicam / multicopter tidak mungkin untuk jatuh ? mana yg lebih aman ?
A: Tak ada satupun yang sanggup menjamin sebuah wahana terbang tidak bisa jatuh. Helicopter militer Blackhawk yang diklaim sangat canggih pun pernah jatuh tanpa sebab yang jelas. Kami tak menginginkan wahana kami jatuh, bagi kami ini merupakan investasi yang sangat mahal. Itu sebabnya kami akan selalu mengikuti sejumlah protokol keselamatan sesuai dengan ketentuan dari manufacturer.

Q: Kenapa detail spcifikasi pesawat dan foto-foto peralatan di website ini minim ?
A: Peralatan kami selalu berubah dan disempurnakan dari hari ke hari mengikuti perkembangan teknologi yang tersedia. Lagi pula, lebih penting bagi kami untuk menyajikan hasil kerja kami ketimbang show off equipment.

Q: Apakah helicam anda bebas getaran agar bisa menghasilkan kualitas video yang baik ?
A: Semua benda dengan benda bergerak (motor) pasti memiliki getaran dan goncangan. Kami meminimalisir getaran dan goncangan dengan teknologi dan metode yg kami miliki agar tidak mengganggu proses pengambilan gambar / footage. Kami juga mengadopsi teknologi camera gimbal stabilizer yang dikendalikan oleh mikrokomputer mutahir.

Q: Apakah peralatan terbang anda memiliki kemampuan mengambil foto udara ?
A: Seluruh armada UAV (Unmanned Aerial Vehicle) kami dirancang secara spesifik untuk menghasilkan aerial video dengan kualitas yang baik tanpa getaran dan goncangan. Kalau saja video yang dihasilkan bisa berkualitas tinggi, maka untuk menghasilkan aerial foto yang baik, sangatlah mudah.

Q: Dimanakah HELICAMINDO ?
A: Kami bisa beroperasi dimanapun, base utama kami di Bandung, melayani job di Jakarta dan Bali sudah sering bagi kami. Kami bisa melakukan job aerial dimanapun diperlukan. Semua peralatan kami bersifat travel-friendly yang mana sudah di set dalam flight-case yang siap terbang kapanpun. Kami juga memiliki pengalaman untuk syuting di areal terpencil sekalipun baik dalam negeri maupun luar negeri.

 

Helicamera airbone in Subang Indonesia
Helicam generasi pertama kami sedang mengambil gambar sebuah golf-course di Jawa Barat

TENTANG OPERASIONAL AERIAL VIDEO / FOTO

Q: Dimanakah seharusnya kita menerbangkan R/C Helicam ?
A: Untuk Helicam harus di area terbuka dan luas, untuk multicopter ukuran sedang bisa dilakukan di area semi open tentu saja dengan gerak yang terbatas.

Q: Dapatkah mengoperasikan Helicam di dalam ruangan ?
A: Helicam tidak bisa melakukannya karena terlalu bahaya, sedangkan multo copter bisa melakukannya dengan manuver yang terbatas.

Q: Seberapa jauh kita dapat menerbangkan R/C Helicam ?
A: Direkomendasikan sejauh pilot dapat melihat pesawatnya dengan jelas. Untuk manuver presisi, pilot harus dapat melihat pesawatnya dengan sangat jelas (semakin dekat semakin baik). Gerakan presisi biasanya dibutuhkan pada aerial sinematografi untuk menciptakan pergerakan camera yang indah dan artistik. Dengan teknologi yang semakin berkembang, dimana kami mengembangkan juga sistem penerbangan FPV (First Person View) dimana pilot dapat seolah olah mengendalikan pesawat dari pesawat itu sendiri, maka operasional Helicam kami bisa lebih jauh ketimbang Helicam conventional pada umumnya. Salah satu armada kami yang dirancang untuk penerbangan FPV yaitu 'hedwig' bahkan mampu terbang dan mengambil gambar sampai sejauh radius 1.5KM. Sedangkan helicam lain yang tidak dilengkapi dengan sistem FPV umumnya bisa dioperasikan semi-fpv dengan radius sampai dengan 500m. Silahkan mempelajari spesifikasi Armada kami yang biasa digunakan untuk Aerial Photography dan Sinematografi.

Q: Bagaimana caranya kita melakukan pengambilan film dari udara untuk sebuah mobil yang sedang bergerak  ?
A: Kita dapat melakukannya dengan follow-vehicle dimana pilot mengikuti dari belakang, atau menggunakan armada yang dilengkapi sistem FPV.

Q: Bagaimana bila hendak membuat video udara pemandangan yang indah dan luas seperti lautan dan pemandangan ?
A: Kita bisa menggunakan armada yang dilengkapi sistem FPV seperti armada kami yanbg bernama 'hedwig' sehingga pilot dapat mengendalikan pesawat seakan-akan dia berada didalamnya, dengan demikian daya jelajah pesawat menjadi sangat jauh dan dibatasi dengan power plane yang ada. Selanjutnya juga kami akan mengembangkan Ultra Long Range UAV yang berbentuk pesawat terbang untuk mencapai daya jelajah sampai 10-20 KM.

Q: Apakah anda bisa terbang di cuaca hujan ?
A: Tidak, tidak ada satupun armada kami yang tahan air.

Q: Berapa operator yang dibutuhkan dalam pengoperasian ?
A: Biasanya dua atu tiga orang. Satu orang pilot, satu orang lagi merupakan operator kamera ataupun spotter.

Q: Siapa yang menentukan arah penerbangan ?
A: Client dapat memberi masukan mengenai flight rute, tapi PILOT memiliki wewenang penuh dalam menentukan rencana penerbangan disesuaikan faktor safety.

Q: Apakah pilot helicamindo mengerti cara-cara mengambil sudut yg baik untuk aerial filming ?
A: Jangan kawatir, team kami basicnya adalah fotografer dan sinematografer yang kebetulan menekuni hobby aeromodelling. Kombinasi yang tepat !

 

Camera Operator can control pan, tilt, roll of the camera duting flight
Operator kamera dapat melihat secara LIVE apa yang sedang direkam oleh kamera saat penerbangan berlangsung

 

TENTANG FAKTOR-FAKTOR KESELAMATAN

Q: Kenapa kita harus memperhatikan faktor safety?
A: Tak ada satupun wahana terbang didunia ini yang tidak mungkin jatuh termasuk helicam kami. Kami tidak menginginkan investasi kami hancur, kami akan meminimasi kemungkinan itu terjadi disamping kerugian sekunder yang mungkin ditimbulkan.

Q: Siapa yang bertanggung jawab atas faktor keselamatan ?
A: Tim kami akan bekerja maksimal mengutamakan keselamatan pada sisi armada kami seperti maintenance yang bagus, prosedur pre-flight yang benar, sementara client WAJIB melakukan pengamanan pada area yang akan dijangkau oleh rute penerbangan kami. Kita akan berdiskusi bersama tentang flight safety sebelum penerbangan dilaksanakan.

Q: Apakah ada potensi bahaya yang merugikan dalam hal tejadi crash  ?
A: Jelas ada, benda yang jatuh dari udara memungkinkan untuk memberi kerusakan baik pada benda-benda disekitar maupun manusia dan mahluk hidup lainnya. Daya rusak paling besar bisa disebabkan oleh Helicam ukuran besar, dan semakin minim pada armada kecil dengan propeler kecil.

 

 

Disclaimer

All images and video here are copyrighted by it's owner.

 

Please do not use any of our contents without permission.

Contact Details

HELICAMINDO
ANRIL.COM GROUP

JAKARTA:
Perkantoran Nirwana Sunter Asri
Jl. Bisma Raya Blok A1 No 1-2
Jakarta Utara, 14350


BANDUNG:

Jl. Patuha 7 Bandung, 40263

BALI:
Jl. Gunung Lumut 1/30
Denpasar, 80117

Please make an appointment
before visiting our office !
Tel. +62.816.600.130
email. This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
INDONESIA

What We Do

We offers affordable aerial photography and cinematography using remote controlled helicopter or multirotor for company profile, movie, and TV Commercial.

 

We also offers full range video production for your needs, work together with anril.com as our holding company.